Cara mengatasi Septic tank dan Sumur Resapan agar tidak cepat Penuh


Kenapa Septictank dan Sumur Resapan cepat Penuh... Apabila Anda semuanya mengalami permasalahan di seputar Septictank dan Sumur Resapan, baik saluran wc ke septictank itu tersumbat atau mampet, Air limbah pada Sumur Resapan meluber atau yang paling membingungkan Septictank dan Sumur Resapan cepat penuh, itu merupakan suatu masalah yang tidak ada habisnya, tetapi bukan berarti tidak ada jalan keluar atau solusi mengatasinya.

Seharusnya Bak penampung Limbah baik dari Closet maupun Air bekas mandi, mecuci harus dipisahkan yang pertama untuk pengolahan yang disebut dengan Septictank sedang yang kedua untuk resapan air. Untuk instalasi saluran limbah dari closet menuju septic tank kemudian menuju Resapan, sedangkan air bekas mandi, mencuci langsung menuju ke resapan.

Air yang meresap membawa bakteri dari dalam septic tank sehingga bisa mencemari air tanah. Untuk jarak yang standart kita sudah tahu yaitu jarak resapaan minimal berjarak 10 meter dari sumber air yaitu sumur, baik sumur bor maupun sumur konvensional. Bagi yang mempunyai lahan luas 10 m tidak jadi masalah tidak untuk yang tidak pemukiman padat.

Ada beberapa pertanyaan dari pelanggan untuk mengkonsultasikan masalah pada septic tank dan resapan, diantaranya :

1. Mengapa Resapan yang sudah dikuras cepat penuh?
Pertama kita harus mengecek dulu dengan cara membuka tutup resapan dan lihat isinya penuh karena tersumbat atau air limbah, kalau resapan penuh dengan air itu bisa dipastikan resapan tidak berfungsi secara maksimal yaitu tidak bisa meresap dengan maksimal, yang mungkin salah satu penyebabnya tidak bisa meresap dengan sempurna yaitu dinding pada sumur resapan dipenuhi dengan lemak yang menempel, mengeras dan akan menghalangi air limbah meresap. Bisa juga tanah sekitar sumur resapan lembab tidak kering sehingga tidak bisa menampung resapan dengan maksimal yang mengakibabkan resapan cepat penuh.

Solusinya bisa dengan pemberian bakteri pengurai pada resapan agar lemak keras yang menempel pada dinding sumur resapan bisa terurai dan tidak akan menghalangi lagi untuk jalan meresapnya air limbah. Sedangkan resapan cepat penuh akibat tanah sekitar yang lembab atau basah dengan pembuatan sumur resapan atau bak penampung lagi.

2. Mengapa Septic tank dan Sumur resapan cepat penuh?
Sebenarnya masalah ini hampir sama dengan permasalahan sebelumnya, pada dasarnya fungsi septic tank itu sangat dipengaruhi oleh beberapa hal seperti cara pemakaian, struktur tanah, curah hujan juga instalasi dan bentuk septic tank itu sendiri. Selain lemak yang menempel pada dinding sumur resapan dan keadaan tanah sekitar resapan yang lembab ada juga penyebab lainnya seperti :

- Adanya kebecoran pada tutup septic tank dan sumur resapan sehingga air bisa masuk saat musim penghujan.

- Bisa letak septic tank dan sumur resapan dekat selokan atau got, jadi air dari got bisa meresap masuk ke dalam bak septic tank atau resapan yang akan menyebabkan cepat penuh.

- Kebocoran pada bak penampung air pada closet duduk.

- Usia Septictank dan sumur resapan yang sudah tua sehingga tidak bisa berfungsi dengan maksimal.

3. Bagaimana mengatasi agar septic tank bisa berfungsi secara maksimal?
Apabila setelah di cek ada kebocoran segeralah diperbaiki jangan sampai ada menunggu karena jika terlalu lama akan menyebabkan cepat penuh, air hujan akan masuk dari luar lewat lubang tersebut. Selain itu rawatlah septictank dan sumur resapan dengan pemberian bakteri pengurai secara berkala dan rutin, supaya air limbah dibisa diurai dengan bakteri pengurai yang akan mengubah kotoran, lemak menjadi lumpur dan air yang bisa mengatasi lemak menempel yang akan menyumbat dan tidak akan cepat penuh.

Subscribe to receive free email updates: