Cara Mengatasi Wc Penuh dan Saluran Tersumbat


Wc (Water Closet) atau toilet yang mampet adalah suatu hal yang akan kita alami dalam kehidupan ini, ada beberapa hal yang tidak dapat diurai oleh bakteri penguarai. Sebagai contoh gumpalan kertas toilet atau tissu basah selain bisa menyebabkan saluran tersumbat juga mempercepat wadah penampung limbah (septictank) cepet penuh.
Sebaiknya kita harus tahu bagaimana cara mengatasi saluran tersumbat, septictank dan sumur resapan penuh.

Sangatlah penting apa saja yang harus tidak dilakukan jika menghadapi kejadian diatas. Apabila mengalami hal seperti itu jangan terlalu sering menyiram untuk melancarkan sumbatan, yang ada akan menimbulkan genangan. Jika closet tidak bisa disiram, mencoba berulang kali tidak akan membantu  yang terjadi WC akan terisi dengan air sampai meluap dan akan tumpah mengotori lantai. Salah satunya bisa menghubungi Jasa Sedot Wc akan segera mengatasi masalah closet mampet atau septictank dan sumur resapan penuh.

Penyebab saluran ke septictank dan sumur resapan mampet bisa disebabkan gumpalan lemak yang mengeras, kotoran yang tidak bisa diurai. Kami berikan cara untuk melancarkan dengan menghancurkan sumbatan dengan menggunakn Garam dan Soda Api untuk melancarkan kembali saluran pembuangan yang menuju septictank. Garam dan Soda Api tidak akan mempan dipakai untuk mengatasi WC mampet yang disebabkan mainan anak-anak, benda berbahan karet atau plastik.

Berikut ini Langkah-langkah menggunakan Garam dan Soda Api untuk melancarkan saluran tersumbat.
A. Teknik Penggaraman
Jenis garam yang paling efektif untuk mengatasi saluran Wc Mampet adalah garam jenis batu. Garam ini merupakan butiran kristal bening yang dijual dalam kemasan berlabel rock salt. Kalau garam tersebut sulit didapatkan bisa menggunakan garam dapur kasar dengan tambahan bubuk soda kue. Untuk caranya sebagai berikut :
1. Memastikan Closet tidak tegenang oleh air melebihi batas normal, apabila tergenang tunggu sampai keadaan dibatas normal
2. Menuangkan garam batu lebih kurang 400gram, kedalam lubah wc. Apabila menggunakan garam dapur tambahkan setengah gelas bubuk soda kue
3. Menuangkan lebih kurang 1 liter air mendidih kelubang yang wc
4. Diamkan semalam atau lebih kurang 8 jam
5. Menggelontor wc dengan air cukup banyak untuk mendorong sumbatan yang telah hancur agar masuk sampai septictank
6. Jika wc masih mampet, segeralah Hubungi Jasa Sedot Wc

B. Teknik dengan menggunakan Soda Api
Soda api atau soda kaustik merupakan nama pasaran bahan kimia Sodium Hidroksida atau Natrium Hidroksida (NaOH). Soda api bereaksi dengan air membentuk gelembung yang membantu menghancurkan penyumbat organik. Meskipun berwujud padat, Soda api tidak akan mengendap dipipa saluran saluran pembuangan air ke septictank atau sumur resapan karena bahan ini larut didalam ait. Soda api memang tidak seampuh Sulfuric Acid untuk mengatasi wc mampet. Namun soda api lebih mudah digunakan dan lebih aman. Walau begitu perhatikan petunjuk pemakaian untuk menjaga keslamatan. Tidak ada takaran pasti jumlah soda api yang dipakai karena ini tergantung pada tingkat keparahan sumbatan.

Lebih baik dimulai dikit demi sedikit terus tambahkan sampai sumbatan bisa teratasi. Untuk cara pemakainnya sebagai berikut :
1. Mempersiapkan Pengaman / safety seperti sarung tangan karet, Masker, Kacamata dan Pemberian Sirkulasi udara pada kamar mandi
2. Memastikan air pada closet pada garis standart
3. Menuangkan sekitar setengah cangkir soda api ke lubang wc menggunakan sendok yang berbahan plastik
4. Menambahkan air karena air didalam saluran agar sudah cukup untuk memancing reaksi dari soda api
5. Diamkan soda api bereaksi kurang lebih 10 menit
6. Siramlah lubang closet menggunakan air apakah sumbatan sudah hilang, jika belum ulangi sampai beberapa kali langkah 2-6 untuk mendapatkan hasil yang kita inginkan.

Apabila Wc masih tersumbat setelah menggunakan teknik penggaraman atau teknik menggunakan soda api silahkan Hubungi Jasa Sedot Wc Yogyakarta tentunya dengan harga yang murah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengatasi Wc Penuh dan Saluran Tersumbat"

Post a Comment